PASANG IKLAN
(type float)
Pengobatan Tradisional

Virus Herpes Tertentu Bisa Masuk Melalui Hidung

Virus Herpes Tertentu Bisa Masuk Melalui HidungVirus herpes merupakan virus kecil yang bisa masuk melalui hidung. Namun tidak semua jenis virus herpes masuknya melalui hidung, ada juga yang masuk melalui alat kelamin sehingga disebut penyakit herpes genitalis.

Hidung merupakan pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman, khususnya virus. Bukan hanya virus flu yang masuk lewat hidung, virus herpes yang bisa merusak otak dan memicu berbagai gangguan saraf juga masuk melalui saluran pernapasan.

Jenis virus herpes yang merusak otak adalah Human Herpes Virus Type-6 atau sering disingkat HHV-6. Dilihat dari struktur Deoxyribo Nucleic Acid (DNA), virus herpes ini masih berkerabat dengan virus herpes genital yang menyerang mulut dan alat kelamin.

Bedanya adalah, serangan HHV-6 tidak memicu gangguan di permukaan kulit melainkan jauh di dalam susunan saraf pusat di otak. Akibatnya adalah kerusakan otak antara lain multiple schlerosis, enchepalitis, roseola (pada anak memicu ruam kulit disertai demam) dan epilepsi.

Cara virus herpes ini mencapai otak memang belum diketahui pasti, namun penelitian terbaru mengindikasikan bahwa hidung dan saluran napas menjadi salah satu pintu gerbang untuk masuk ke tubuh manusia. Dari hidung, virus tersebut menyusuri sistem saraf hingga mencapai otak.

Ahli neurovirologi dari National Institute of Neurological Disorders and Stroke, mengungkapkan bahwa virus herpes bisa masuk melalui hidung setelah mengautopsi sejumlah mayat pasien multiple schlerosis. Dari temuan HHV-6 di otak, konsentrasinya paling banyak ditemukan di pusat penciuman atau hidung.

Para ahli neurovirologi kemudian mengaitkannya dengan hasil penelitian lain sebelumnya, bahwa sebagian penderita multiple schlerosis mengalami penurunan kemampuan untuk mencium bebauan. Diduga, infeksi virus herpes tersebut menyebabkan kerusakan pada saraf penciuman sebelum akhirnya mencapai otak.Gambar Virus Herpes Tertentu Bisa Masuk Melalui Hidung

Virus herpes ini sudah dikenal sejak lama, bahkan sebagian besar dari kita sudah terinfeksi sejak kecil. Sebagian besar benar-benar jinak, namun tetap perlu diwaspadai karena beberapa orang punya toleransi yang berbeda dan infeksi tersebut bisa memicu kerusakan otak.

Untuk menghindari virus herpes bisa terhirup oleh kita, salah satunya adalah menghindari untuk bergaul dengan para penderita penyakit herpes. Namun jika tidak bisa dihindari, sebaiknya membiasakan hidup sehat agar virus herpes tidak mudah menginfeksi.

Sumber : health.detik.com

 

Komentar Tentang Virus Herpes Tertentu Bisa Masuk Melalui Hidung

Memberi Komentar »

 
 

menakutkan sekali penyakit ini…….?

 

Info yang sangat bagus, saya bahkan baru tau ternyata virus herpes bisa masuk melalui hidung.. waah bahaya juga penyakit ini….

Form Untuk Memberi Komentar

 
(tidak akan dipublikasikan)
 
 
Komentar
 
 

Comments links could be nofollow free.

 
 
Artikel Kesehatan Lainnya:close